Nasi Uduk Mpok Eneng


img_20160917_055012-01

Pagi ini, setelah semalam suntuk mata belum juga bisa diistirahatkan sekitar jam 6 kurang saya memutuskan untuk mampir ke warungnya Mpok Eneng. Setiap harinya dia jualan Nasi Uduk di Kampung Utan, tepatnya berada di depan SD saya bersekolah dan juga di samping SMP & Kampus saya menimba ilmu. Dia asli betawi, jadi bisa dibayangin dong gimana lezatnya.

Saya sudah dicekokin Nasi Uduknya setiap hari dari umur 6 tahun sampai 12 tahun. Wajar, sampai sekarang saya jadi ga doyan Nasi Uduk ditempat lain (kecuali Nasi Uduk Mpok Iyoh, Gintung + Depan Fedex, Pondok Pinang, keduanya ga buka di pagi hari), makanya makan Nasi Uduk pagi-pagi buat saya suatu kemewahan! mewah karena saya juga ga bisa makan nasi di pagi hari kecuali ya ini Nasi Uduk Mpok Eneng.

Mpok Eneng sudah jualan disini berpuluh-puluh tahun, anehnya postur dia ga berubah-ubah, mukanya masih sama kaya dulu pertama saya lihat di umur 6 tahun, badannya juga masih kecil padahal sudah punya anak. Dia juga masih ingat tentang saya waktu kecil, orang tua dan teman-teman saya. Dia pun masih hapal takaran Nasi Uduk saya “Nasi Uduk kuahnya penuh kan lis?” dan bisa dipastikan rasa Nasi Uduknya masih sama kaya dulu makanya jangan kaget kalau jam 8 pagi sudah ludes hehe. Ppstt jangan khawatir soal harga tadi saya beli 4 bungkus Nasi Uduk + Semur Telor + Gorengan cuma ngeluarin uang 31 ribu saja 🙂

Mpok Eneng ini menjadi wanita andalan, ia jualan Nasi Uduk dari gadis untuk membiayai seluruh keluarganya. Salah satunya adiknya, teman saya satu sekolah dari SD sampai SMP bahkan teman saya dibiayai Mpok Eneng sampai kuliah! setiap saya kesana ia selalu terharu kalau adiknya bisa sarjana dari hasil kerja kerasnya. Dan kalimat yang pasti diucapin setiap saya mau pamitan adalah “Salam ya buat Mama, Mama lw sebelum buka ini bungkusan juga udah pasti tau ini Nasi Uduk gw” ah Mpok Eneng kamu bukan hanya mengajari saya pantang menyerah tapi juga rendah hati!

Leave a Reply

