Hari Minggu Terakhir di Kalijodo

Kalijodo merupakan wilayah yang terletak di Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Barat. Memiliki luas lahan 1.847 meter persegi dengan jumlah penduduk 3,052 jiwa dan 1.340 Kepala Keluarga. Sejak jaman dahulu pada tahun 1600-an kawasan ini memang sudah dikenal  dengan kawasan prostitusi yang dulu asal mulanya merupakan tempat persinggahan etnis Tionghoa yang mencari gundik atau selir.
Para calon gundik ini mayoritas didominasi oleh perempuan lokal. Perempuan yang akan menjadi gundik disebut Cau Bau. Cau Bau dianggap memiliki derajat yang lebih tinggi dibandingkan pelacur. Dan dari sinilah mulai berlangsung aktivitas seksual dengan transaksi uang.
Seeiring berjalnnya waktu, Kalijodo berkembang menjadi tempat hiburan yang tidak hanya diincar etnis Tionghoa saja tapi juga pribumi. Akibatnya Kalijodo berubah menjadi tempat pelacuran sesungguhnya. Bahkan semakin ramai sejak Kramat Tunggak ditutup.
Sebenarnya kawasan Kalijodo sudah direncanakan akan ditertibkan dari tahun 2014, namun tertunda karena pemerintah saat itu sedang fokus ke penertiban waduk pluit. Hingga pada akhirnya terjadi kecelakaan ‘Fortuner Maut’ yang mengakibatkan 4 korban tewas setelah pengemudinya minum-minuman keras sepulang dari Kalijodo. Dan dari sini pemerintah mulai merelokasi kawasan tersebut.
Sehingga pada hari Senin tanggal 29 Februari 2016 kawasan ini dibongkar atas perintah Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama alias Ahok untuk kepentingan pembuatan Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) dan Ruang Terbuka Hijau. Dan inilah yang tersisa di H-1 sebelum kawasan ini dibongkar, di tahun kabisat mereka menutup hari minggu terakhirnya dengan penuh duka cita untuk memulai kehidupan baru dengan semangat baru. 
1 2
3

4

5

6

7

8

9

10

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s