Melepas Rindu di Puncak bersama Nenek dan Abah

All of life is an act of letting go, but what hurts the most is not taking a moment to say goodbye” – Life of Pi–

Nenek dan Abah Ende begitu aku memanggil mereka berdua. Nenek berasal dari Desa Malang Nengah dan Abah berasal dari Desa Kupu-Kupu, kedua Desa tersebut berada di Pesisir Pantai Anyer, Banten. Nenek meninggal ditahun 2011 akibat penyakit stroke yang diidapnya selama 10 tahun. Sedangkan Abah meninggal ditahun 2013 akibat tumor yang tumbuh di matanya padahal ia masih cukup gagah untuk ukuran lelaki yang masih bisa mencangkul diumur 80 tahun an. Namun sayang keduanya meninggal ketika aku tidak berada disampingnya.
Nenek menjadi wanita yang sangat sibuk dimasa hidupnya. Ia bekerja sebagai Guru Agama di salah satu Madrasah di Desa sebrang, ia juga sering dipanggil untuk menjadi tukang sunat. Sewaktu kecil Nenek sering mengajakku berjalan dari Desa satu ke Desa lainnya untuk mengadiri acara pengajian atau sekedar memberi bakulan (biasanya berisi nasi, kue basah dan lauk pauk) ke rumah saudara . Sedangkan Abah tidak bisa hidup tanpa ladang, ia setiap hari mencangkul untuk menanam sayuran dan buah-buahan lalu dijual kembali ke tengkulak. Ia juga selalu mengajakku berjalan berkilo-kilo meter melewati hutan liar dan sungai-sungai untuk ke Desa sebrang guna menengok sanak saudara atau berziarah kubur ke makam nenek moyang.
Dari sini lah mereka banyak mengajariku tentang pentingnya berproses untuk suatu tujuan, mereka benar-benar mengajariku untuk mencintai kesabaran lalu bersyukur kepada yang Kuasa. Bahkan ketika 2 bulan sebelum Abah meninggal ia berpesan “kejarlah cita-citamu, kamu sudah kuliah lalu lulus pun Abah sudah senang, tapi jangan berhenti disitu karena yang paling penting dalam hidup adalah bagaimana kita harus bisa berguna untuk orang lain, seperti Nenekmu”.
Nek, Bah walau kita tidak sempat mengucapkan perpisahan tapi aku berjanji untuk selalu membawa kalian menuju puncak dan kita akan bertemu disana untuk melepas rindu.
2,958 mdpl
2,958 mdpl
2,211 mdpl
2,211 mdpl
3,726 mdpl
3,726 mdpl

2,820 mdpl

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s