Mendaki Si Cantik Rinjani

“Sebuah bangsa tidak akan kehilangan sosok pemimpin selama pemudanya sering bertualang di hutan,gunung, dan lautan.” ― Henry Dunant 
Indonesia memiliki  gunung berapi terbanyak di dunia, yaitu berjumlah 127 Gunung berapi. Oleh sebab itu menjadi merupakaan negara yang rentan terhadap bencana. Rinjani merupakan Gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 3726 mdpl setelah Kerinci. Lokasinya ada di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).
Jalur masuk pendakian bisa melalui desa Sembalun, Senaru dan Torean. Namun kebanyakan para pendaki memilih jalur Senaru karena bisa meminimalisir jarak sampai 700 meter. Selain itu jalur ini merupakan hamparan padang savana sehingga pendaki dimanjakan dengan keindahan  pemandangan disana.
Setiap tahun Rinjani mengalami peningkatan kunjungan turis baik luar negeri ataupun dalam negeri. Pada tahun 2015 jumlah kunjung wisatawan di Taman Nasional Gunung Rinjani sebanyak 70.705 orang (wisman 27.186 orang dan wisnu 43.519 orang) meningkat sebanyak 9.013 orang atau sebanyak 14,61% dari tahun 2014.
Hal ini karena banyak spot yang ditawarkan oleh Rinjani, yaitu Padang Savana Sembalun, Palawang Sembalu, Danau Segara Anak, Palawang Senaru dan Puncak. Maka tidak heran bila Gunung Rinjani dijuluki sebagai Gunung Tercantik di Indonesia.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s